Pilih Mana dari 12 Profesi Menulis yang Nggak Kalah Bergengsi Ini?

Pilih Mana dari 12 Profesi Menulis yang Nggak Kalah Bergengsi Ini?

Menulis menjadi aktivitas yang diminati saat ini oleh anak muda, terlebih banyak platform yang bikin anak muda mudah sharing. Mulai dari Wattpad, Kumparan, IDNTimes, Medium, hingga WordPress untuk blogger. Kamu termasuk yang mana?

Penikmat buku dan penyuka literasi makin semangat karena kemudahan berkarya lewat gawai (gadget). Iya ‘kan? Nah, ternyata ada 12 profesi dalam bidang kepenulisan versi impactfulwriting.com. Kamu bisa pilih salah satu, atau bisa dua, tiga, empat, dan seterusnya. Yang penting kamu bisa.

Yuk langsung aja.

#1. Penulis Konten (Content Writer)

Menjamurnya media daring (online) saat ini berpeluang besar untuk mendapatkan penghasilan menjadi penulis konten. Pasalnya konten adalah cara menarik orang lain untuk berkunjung ke sebuah website. Apa kamu berminat menjadi penulis konten?

#2. Penyunting (Editor)

Sebagus apapun sebuah tulisan tetaplah membutuhkan seorang penyunting (editor). Karena tulisan yang bagus adalah tulisan yang disunting (diedit), begitu kata Joe Vitale.

Karena setiap media pasti membutuhkan profesi ini agar apa yang sudah ditulis oleh content writer atau jurnalis bisa membius para pembacanya. Bahkan ada lembaga yang mengeluarkan sertifikasi untuk profesi ini.

#3. Jurnalis

Apa bedanya dengan penulis konten? Bedanya jenis tulisan yang disampaikan. Kalau jurnalis lebih banyak menulis berita, kalau penulis konten lebih ke human interest atau sesuatu yang paling disukai oleh banyak orang. Gimana tertarik?

#4. Penulis Naskah (Scriptwriter)

“kok ceritanya nggak mudah ditebak ya?”, kata barusan mungkin pernah keluar ketika kamu menonton sebuah film di bioskop. Itulah tugas seorang penulis naskah atau scriptwriter. Kalau kamu punya cerita yang menurut kamu WOW banget. Kenapa ngga mulai menulis naskah?

#5. Penulis Hantu (Ghostwriter)

Ini bukan mesti jadi hantu atau dandan jadi hantu baru menulis ya? Hehe. Tapi kamu menulis sebuah karya tanpa diketahui siapa yang menulisnya. Tentunya dengan ada kesepakatan. Kalau kamu nggak suka show-up mungkin ini bisa jadi solusi.

#6. Penulis Iklan (Copywriter)

Iklan di media sosial sekarang makin banyak, orang berlomba-lomba membuat copywriting yang menarik agar dilirik oleh calon pembeli. Kalau kamu merasa punya ide kreatif, patut dicoba profesi ini.

#7. Pemasar Konten (Content Marketer)

“wah apa lagi ini?”, karena sekarang banyak orang yang nggak suka iklan, maka strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah membuat konten yang mampu mendatangkan pengunjung bahkan viral. Padahal konten itu bermuatan promosi. Gimana? Apakah kamu tertantang untuk mengambil profesi ini?

#8. Penulis SEO (SEO Writer)

Biasanya SEO Writer dituntut untuk bisa mengerti struktur penulisan SEO dalam web. Tapi nggak ada salahnya menjadi seorang yang fokus mendatangkan pengunjung dari google. Karena keahlian ini cukup spesifik, maka nilainya juga cukup tinggi. Mantul kan?

#9. Penulis Independen (Blogger)

Kalau kamu nggak suka menulis di media orang lain, kenapa nggak membangun media sendiri. Ya kamu disebut sebagai blogger.

Dimana kamu mesti menguasai keahlian seperti penulis konten, penulis iklan, hingga penulis SEO. Maka tak jarang ketika blogger dimintai menulis atau review bayarannya cukup lumayan.

#10. Novelis

Hadirnya platform untuk bercerita memudahkan para penggiat fiksi bikin cerita yang cukup seru dan akhirnya dibukukan menjadi novel. Mungkin impian kamu sejak kecil suka berkhayal, kenapa nggak mulai menulis novel?

#11. Cerpenis

Kalau kamu suka bercerita, kenapa nggak mulai menuangkan cerita kamu ke media online. Dimana kamu bisa mendapatkan pembaca lebih banyak dan lebih luas. Kamu juga bisa mendapatkan feedback dari pembaca. Dari sana ada kemungkinan peluang besar.

#12. Penyair

Kalau kamu suka sekali membuat puisi, kenapa nggak mulai diseriusin? Karena setiap pembaca memiliki seleranya masing-masing. Bisa jadi puisi kamu bisa memenuhi hasrat untuk pembaca. Siapa tau?

Dari 12 Profesi Menulis ini mana yang kamu akan pilih? Yang pastinya di era sekarang ini semuanya bergengsi, punya nilai prestige tersendiri. Yuhuuu?

Coba kasih tau pilihan kamu di kolom komentar.

9 Comments

  1. Pengen jadi Penyunting (editor) biar jadi orang pertama yang baca sebuah karya seseorang, terus juga pengen jadi pemasar konten (content marketer) karena diri sendiri juga suka kesel kalo liat iklan yang tulisannya gitu-gitu aja… dan penyair hehe maklum kak ujan dikit melow, bahagia seneng diungkapin pake majas, liat temen jatoh aja kadang kujadiin puisi haha😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *