fbpx
16 Keahlian yang Mesti Mahasiswa Kuasai agar Sukses di Dunia Kerja!

16 Keahlian yang Mesti Mahasiswa Kuasai agar Sukses di Dunia Kerja!

“Not Your UI, UGM, ITB, but YOU!” ~ Self Driving Book.

Begitu nasihat Prof. Rhenald Kasali dalam buku self-driving. Beliau mengatakan kita akan digunakan bukan karena alamamater kita tapi karena diri kita sendiri.

Setiap mahasiswa akan menjadi lebih bernilai dan siap dibayar mahal karena memiliki skill atau keahlian.

Namun keahlian seperti apa yang akan menambah nilai dalam diri mahasiswa? Apa lagi sekarang anak muda mudah sekali untuk menghasilkan uang dari internet?

Kalau kita nggak punya skill di era digital ini. Tertindaslah kita. Minimal ada 16 keahlian yang mesti kamu kuasai supaya lebih siap menghadapi kehidupan pasca kampus.

 

#1. Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan publik. Ini penting banget. Apa lagi seorang mahasiswa yang dilabeli Agent of Change. Kalau berbicara saja masih malu dan gugup. Bagaimana bisa membawa perubahan? Sepakat ya?

Memiliki Kemampuan Public Speaking ini banyak banget faedahnya. Diantaranya kamu presentasi kamu akan lebih memukau. Lalu diundang jadi MC (master of cheremony). Atau jadi pembicara di hadapan adik adik kelasmu.

Karena kaidah berkomunikasi itu bukan apa yang disampaikan. Tapi bagaimana menyampaikannya. Nah, penting juga mempelajari keduanya.

Apa pesan yang ingin disampaikan dan bagaimana pesan ini tersampaikan. So, sering seringlah berlatih. Berhenti mencap diri “introvert” sesungguhnya setiap orang memiliki kemampuan untuk berbicara.

Baca Juga: Lakukan 4 Tips Ini Agar Lolos Jadi Content Writer di Agency

 

#2. Marketing and Selling

Ilmu pemasaran dan penjualan ini penting banget kamu kuasai. Karena pasca kualiah pastinya kamu akan berusaha bagaimana diri kamu bisa diterima oleh perusahaan.

Sekarang perusahaan akan lebih melirik anak muda yang memiliki banyak keahlian. Kalau kamu sudah punya keahlian lebih, kenapa nggak segera memasarkan keahlian? 😀

Tapi nggak mesti nungguin lulus kuliah untuk bisa punya keahlian ini. Karena sekarang bisa kamu dapatkan saat kamu jualan di internet.

Pemasaran dan penjualan dua koin sisi yang berbeda tapi saling melengkapi. Pemasaran untuk menarik dan memperluas jangkuan pasar kalau penjualan bagaimana pasar mau membeli produk kita. Sepakat ya? Mulai dari sekarang jualan. 😀

 

#3. Negotiation

Negosiasi ini penting agar bisa mendapatkan hasil yang diharapkan namun dengan deal win-win. Misal kamu negosiasi gajih ke atasan kamu atau kamu negosiasi kerja bisnis dengan teman mu. Mulailah sejak saat ini juga.

 

#4. Adversity

Dunia yang serba instan ini ternyata membuat mental kita menjadi rapuh. Gampang menyerah. Kamu sebagai mahasiswa perlu memiliki keahlian kebertahanan (baca: adversity) yang kuat.

Karena kalau kita lemah mental. Ya, kita jadi teringgalan oleh orang orang yang bertahan. Karena pinter aja nggak cukup. Kamu mesti punya daya mental yang kuat.

 

#5. Interpersonal and Intrapersonal Communication’s

Berkomunikasi dengan diri sendiri dan orang lain sama sama penting. karena faktanya kita sendiri lebih sering berkomunikasi dengan diri sendiri. Namun positif dan negatifnya kita mesti kontrol.

Lalu kecakapan komunikasi dengan orang lain, dengan tujuan kita bisa diterima oleh orang lain juga mampu memperluas relasi kita. Seoarng mahasiswa penting banget punya relasi. Agar nanti lulus kuliah jadi nggak bingung.

 

#6. Writing Skill

Menulis ini penting banget kamu kuasai. Wong nanti kamu bakal menyusun skripsi hehe. Maka mulailah terbiasa untuk menulis ringan agar nanti terbiasa menulis berat.

Menulis juga banyak faedahnya, di satu sisi bisa mengenal diri lebih dekat, lebih dalam, juga mampu meningkatkan daya ingat, merelease emosi negatif, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Bagaimana Menulis Buku Tanpa Gangguan? Kenali Pemicunya!

 

#7. Language Skill

Pepatah bilang kalau mau menguasai dunia ya kuasai bahasanya. Penting sekali sebagai mahasiswa untuk bisa menguasai bahasa. Apa lagi bahasa inggris. Yuk ah mulai dari sekarang belajar bahasa.

 

#8. Time Management

Kalau waktu yang terlalu banyak nggak diatur malah jadinya mubajir. Terkadang mahasiswa itu banyak waktu luangnya. Gunakan sebaik mungkin ya? Karena ada banyak hal yang kamu bisa lakuin.

 

#9. Stress Management

Kalau kamu gagal mengelola stress bisa bisa kamu gagal juga dalam memaksimalkan waktu, dan waktu itu penting banget buat kamu bisa meningkatkan kualitas diri.

Ya, mungkin bagi kamu ada yang menyalurkannya di organisasi internet, eksternal, mau pun berkarya dalam bentuk apa pun.

Kalau stres? Bagaimana hasilnya bisa maksimal? Tapi jangan khawatir, kamu cukup pelajari mindfulness.

Kenapa? Stres itu karena nggak terkelolalnya pikiran dengan baik. Maka dari itu mindfulness penting banget.

 

#10. Study Skills

Kemampuan belajar kamu mesti diasah lho. Karena nggak semua dosen menyampaikan kita langsung mengerti. Dan masing masing dari orang juga berbeda gaya belajarnya.

Misal ada teman kamu yang lebih suka mencatat, ya biarkana saja kalau kamu lebih suka menyimak lebih dahulu baru menulis.

Kalau kamu kuasai kemampuan belajar kamu, yakin deh, nilai kamu pun akan baik. Karena kamu menyerap informasi dari dosen secara maksimal.

 

#11. Money Management

Ada frasa kalau mahasiswa itu banyak waktunya, banyak energinya, tapi nggak banyak uangnya. Hiks.

Di sinilah kamu perlu pandai pandai mengatur keuangan. Kalau salah membelikan sesuatu, bisa jadi kamu puasa selama satu bulan. Hehe.

Pahami bagaimana kamu membelanjakan sesuatu, prioritaskan yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

Syukur syukur sih kamu sudah bisa menghasilkan uang. Jadi lebih muda mengaturnya dan nggak ngebebani orang tua.

Baca Juga: Kenapa 97% Buku Langsung Terbit Lewat Orang Dalam?

 

#12. Assertiveness Skills

Jadi mahasiswa jangan letoy, kalau gitu bukan agen of change namanya. Penting banget kita memiliki ketegasan terhadap diri sendiri.

Misal ada teman kelompok kamu yang santai santai aja. Ya, tegur dong. Jangan kamu diamkan saja.

Niat ngerjain nggak? Bukan berarti kamu so atau gimana ya. Tapi penting banget kamu tegasin teman kamu yang seperti itu.

 

#13. Risk Managment

Mahasiswa dengan siswa beda banget dong. Karena mahasiswa berpikir jauh ke depan. Apa saja risiko yang akan terjadi kalau melakukan rencana ini.

Mahasiswa itu berpikir sebelum bertindak. Makanya penting menganalis risiko. Ya tapi jangan kelamaan juga. Malah membuat kamu nggak action. Hehe.

 

#14. Leadership Skill

Keahlian memimpin ini penting banget lho. Kalau kamu jadi ketua kelas atau ketua dalam organisasi. Leadership ini penting banget.

Bagaimana teman teman mu mau mengikuti apa yang sudah kamu rencanakan. Namun hal yang paling sederhana menguasai keahlian ini. Ya kamu sendiri harus bisa memimpin diri sendiri.

Sederhana ‘kan?

Karena leadership itu seni. Masing masing orang punya ciri khas dalam menggiring yang dipimpinnya mau mengikuti opini leadernya.

 

#15. Reading Skills

Kalau kamu mahasiswa nggak suka baca. Celaka! Karena nanti ketika skripsi kamu bakal dihadapkan buku buku referensi.

Tapi untuk bisa mendapatkan kualitas bacaan yang baik, ya kamu harus menguasai keahlian membaca. Ada quantum reading, bacakilat. Kamu bisa carilah di google. Hehe.

Lagi pula, kalau kamu hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh dosen. Hidupmu nggak akan terlalu berkembang secara signifikan.

Baiknya kamu membaca buku apa saja yang akan mendukung impianmu kelak.

Baca Juga:Modul Professional Impactful Writer – Belajar Content Writing + Copywriting!

 

#16. Question Skills

Salah bertanya, salah pula jawabannya. Kalau mahasiswa sadar dengan ini. Pastinya akan meningkatkan kualitas pertanyaan ke dalam dirinya.

Ini biasa disebut self-coaching. Dimana kita sendiri mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang tepat pula. Guna untuk meningkatkan apa yang diinginkan.

 

Mudah mudahan kamu segera meningkatkan skill ini ya. Mana yang udah kamu kuasai saat ini? Bantu komen dong. 🙂

 

Rereferensi:
clarke.edu/campus-life/health-wellness/counseling/articles-advice/essential-skills-for-college-students/
eschoolnews.com/2011/08/11/ten-skills-every-student-should-learn/6/

 

Dwi Andika Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *