Jadi Content Writer? Mulailah Menjalani 4 Tahapan ini!

Jadi Content Writer? Mulailah Menjalani 4 Tahapan ini!

Menjadi content writer itu mudah kok, apalagi kalau kamu udah punya kebiasaan menulis dan membaca. Tapi jangan khawatir buat kamu yang nggak suka nulis, atau bahkan baru kenal profesi ini, sebentar lagi kamu akan “oh gitu, mau bangetlah”.

Baca juga: Pilih Mana dari 12 Profesi Menulis yang Nggak Kalah Bergengsi Ini?

Layaknya pertumbuhan manusia, ada proses dari balita hingga dewasa. Begitu juga content writer, kamu mesti melewati tahapan yang akan menghantarkan kamu menjadi content writer profesional.

Karena sekedar suka nulis dan hobi nulis kalau nggak diarahkan sungguh-sungguh menjadi content writer sayang waktunya. Nanti kamu malah nyesel “kenapa nggak gue lakukan dari dulu?”, iya nggak? Hehe.

 

#1. Suka Baca dan Nulis

Suka baca adalah hal paling utama. Ibarat mau buat kue mesti ada terigu, telur, gula, dst. Yang jelas akan menghasilkan sebuah adonan yang siap menjadi kue.

Begitu pun menulis, apapun yang kamu akan tulis, pentingnya memiliki kebiasaan membaca. “tapi kak aku suka pusing kalau udah baca buku?”.

Tenang… itu tanda kamu sedang berproses, percayalah pusing, ngantuk, dan bosan hanyalah soal waktu. Setelah kamu merasakan kenikmatan dari membaca buku, kamu benar benar ketagihan.

Menulis adalah aktivitas satu kesatuan dengan membaca. Rasanya sayang banget inspirasi yang kita dapat dari membaca nggak kita ikat dengan menulis.

Untuk di awal menulislah apapun yang ingin kamu tulis. Tanpa berpikir, tanpa mengkritik, dan tulis sebanyak-banyaknya.

 

#2. Membangun Kebiasaan Menulis

Setelah suka sama aktivitas membaca dan menulis. Kamu mesti punya kebiasaan menulis. Apapun profesi penulis yang ada di postingan ini. Memiliki kebiasaan menulis adalah pondasi.

Ibarat sebuah infrastruktur bangunan nih, kalau pondasinya ambruk, maka mau dibangun apapun akan sulit.

Ketika kamu memiliki kebiasaan menulis, maka mau memilih profesi apa pun, jenis tulisan apa pun, kamu bisa dan mampu. Sebab menulis itu soal rasa dan cara penyajian perspektif oleh penulis.

Kalau penulis konten, ya menyajikan konten yang aplikatif karena sebuah tips. Kalau penulis cerpen, ya menyajikan emosi senang atau penasaran. Semua itu tergantung penyajian perspektif penulis.

Impactfulwriting.com berkomitmen menjadikan kamu Content Writer yang berdampak. Sebab, sayang sekali kecintaanmu akan menulis tak eksplorasi lebih jauh.

Dalam Ebook Menulis30Hari: Membangun Kebiasaan Menulis dengan Mudah dan Terbukti akan menjadikan kamu terbiasa menulis dan memiliki pondasi sebagai penulis konten alias content writer.

 

#3. Menemukan Ciri Khas

Apa yang membedakan penulis dengan penulis lainnya? Ya, perspektif kamu dalam menuangkan ide ke bentuk tulisan. Untuk mendapatkan itu, kamu butuh pengulangan dalam menulis. Nggak bisa satu menulis aja.

Berawal dari perlombaan menulis, saya mendapatkan sebuah pola yang berulang, apa yang menyebabkan tulisan saya ini menang dan dipilih oleh juri.

Perbedaannya cukup jauh, bayangka dari juara 7 hingga juara 1. Bahkan juara 1 disambet sebanyak dua kali. Setelah riset sana-sini. Ketemulah 3 formula menulis yang berdampak. Tahap ini lebih sederhana. Sebab tahapan ini, lebih ke proses membangun ciri khas dari tulisan kamu.

Tahap kedua itu bertumbuh ke bawah, ibarat pohon bambu yang di awal – awal adalah membangun akar yang kokoh. Setelah itu menjulang ke atas.

Ketika kamu memiliki kebiasaan menulis (kebiasaan di sini, kamu sudah nggak terpengaruh mood, idenya belum ada, konsepnya belum jadi). Sebab semua permasalahan terselesaikan ketika kamu menguasai dan mencintai aktivitas menulis.

 

#4. Mulai Memasarkan melalui Media

Mulailah memasarkan melalui blog, nggak mesti bagus, minimal nyaman dipandang, gratis pun nggak apa-apa. Ingat! Inti kamu adalah konten, yang penting kamu update terus dan menulis dengan ciri khas kamu menggunakan formula impactful writing.

Atau kamu ingin menulis di aplikasi seperti IDNTimes, Kumparan, Medium, bisa aja. Tapi saya tetap menyarankan untuk memiliki blog. Blog itu ibarat rumah, yang bisa dikunjungi oleh siapa pun.

 

Agar keahlian kamu dalam menulis konten dipercaya dan diakui, kami akan membuka Impactful Writing Certification, di mana nanti kamu akan mendapatkan sertifikat untuk menambah kepercayaan calon clientmu. Program ini khusus bagi kamu yang benar benar serius, bocoran sedikit, untuk mendapatkan sertifikat ini kamu mesti menulis dan kabar baiknya kamu akan dibimbing.

Gimana? tertarik? Jangan tanya soal harga, yang jelas kami tau siapa kamu, kami mengertikan kondisimu, kami akan buka diharga terbaik untuk kamu.

Untuk info selanjutnya chat WhatsApp ke 0812-9596-9393 ketik: Nama, Profesi, Domisili, “saya siap ikut IWC”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *