Buka-Bukaan! 6 Langkah Cara Menulis Artikel Berkualitas ala Impactful Writing!

Buka-Bukaan! 6 Langkah Cara Menulis Artikel Berkualitas ala Impactful Writing!

Emang apa sih rahasianya ImpactfulWriting.com untuk para peserta pelatihannya sampai sekarang bisa menjadi seorang impactful writer?

Tahu kan impactful writer itu apa?

Impactful writer adalah profesi yang mencangkup copywriter dan content writer.

Kalau kamu mau menjadi seperti impactful writer dengan kemampuannya yang bisa menghasilkan tulisan menarik dan berkualitas kamu perlu ikuti cara mereka.

“Emangnya kenapa mesti impactful?”

Nilai plusnya adalah supaya tulisanmu bisa berdampak dong buat orang lain juga dan artikelmu juga lebih menjual.

Selama ini mungkin ide-ide yang kamu tuangkan ke dalam tulisan sudah banyak tapi apakah tulisanmu sudah berdampak? Atau sudahkah membawa keuntungan buatmu sendiri juga?

Kalau udah penasaran pengen tahu gimana cara meramu artikel yang menarik langsung aja yuk kita bahas keenam langkah cara menulis artikel berdampak ala Impactful Writing.

Psstt… Materi ini sebetulnya diambil dari modul belajar Certified Impactful Writer dan Super Impactful Writer lho!

 

#1. Tentukan Tema

Langkah pertama ini wajib banget dong harus kamu pikirin dan tentukan supaya tulisanmu jelas mau membahas apa?

Kalau kamu hanya ingin menulis untuk blog pribadi gampang kok menentukan tema tinggal kamu tentuin aja berdasarkan minatmu dulu.

Tapi kalau kamu membuat artikel untuk client kamu harus ikuti permintaan mereka untuk temanya apa.

“Hmm, gimana ya contoh temanya?”

Contohnya yang ada di depan mata yang sedang kamu baca ini mengambil tema mengenai cara menulis artikel.

Baca juga: Bagaimana Menulis Buku Tanpa Gangguan? Kenali Pemicunya!

 

#2. Tentukan Judul

Ayo jujur suka bingung enggak nentuin judul tulisan yang menarik apa?

Terkadang saking bingungnya menentukan judul lebih milih nulis aja dulu semaunya apa yang ada di dalem pikiran yang penting masuk ke tema yang mau diangkat. Pernah kaya gitu?

Tapi justru sebaiknya kamu mengikuti langkah-langkah cara menulis artikel di sini secara berurutan supaya sistematis dan efektif kerjanya.

Supaya apa?

Ya supaya tulisanmu impactful dong dan kalau kamu mau menjadi penulis profesional kamu butuh buat outline tulisan yang jelas dulu supaya tulisanmu terarah, hasilnya baik dan client pun puas.

Sedikit tips nih tentang cara menentukan judul yang menarik yaitu dengan menggunakan angka seperti judul pada artikel ini.

 

#3. Buatlah Sub Judul

Setelah menentukan judul, buatlah sub judul karena sub judul inilah yang akan membuat tulisanmu terarah.

Penulisan sub judul tidak hanya untuk artikel berbentuk list seperti yang sedang kamu baca ini tapi untuk semua artikel juga.

Karena dengan kamu menentukan sub judul terlebih dahulu maka kamu juga seperti membuat alur mau membawa pikiran pembacamu ke arah mana nih supaya pembacamu memahami makna-makna dari tulisanmu.

“Jadi sub judul itu kaya apa?”

Perhatikan artikel ini ya, kamu bisa secara langsung melihat ke-enam langkah yang disampaikan secara listicle ini sebenarnya adalah sub judulnya.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Menulis Copywriting yang Menjual!

 

#4. Mulai Menulis

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas secara berurutan kamu telah membuat outline dari tulisanmu maka selanjutnya kamu tinggal mulai menulis isinya.

Langsunglah menulis, jangan ditunda-tunda! Supaya kamu masih dapet feelnya dan ide-ide yang sudah muncul di pikiranmu tidak hilang.

Kalau tinggal nulis sesuai dengan sub-sub judul yang sudah terbentuk enak kan karena sudah jelas arah tulisannya mau seperti apa.

Jadi langsung cus tulis, tulis dan tulis lalu edit setelahnya.

 

#5. Editing

Kalau kamu sudah selesai membuat tulisan maka kamu harus bisa mengedit tulisan juga setelah selesai menulisnya.

Perhatikan apakah ada typo atau tidak di dalam tulisanmu lalu apakah sudah enak dibaca atau belum.

Dalam proses mengedit cobalah posisikan dirimu sebagai pembaca dan bacalah sambil melafalkannya, apakah sudah enak dibaca tulisannya?

Jika menurutmu masih kurang sesuai maka edit lalu baca lagi dan edit lalu baca lagi sampai artikelmu layak untuk dipublish.

 

#6. Publish

Sampailah kita di langkah terakhir yaitu publish tulisanmu yang sudah selesai! Gimana rasanya sudah berhasil menghasilkan sebuah tulisan yang impactful?

Mudah-mudahan minimal kamu sendiri merasa terdampak oleh tulisanmu ya.

Baca juga: Lakukan 4 Tips Ini Agar Lolos Jadi Content Writer di Agency

 

Sampai sini apakah kamu sudah lebih paham dan terbayang tentang langkah-langkah cara menulis artikel ala Impactful Writing?

Jangan lupa untuk selalu dipraktekkan ya!

 

Kesimpulan

Kalau kamu ingin belajar bagaimana menghasilkan tulisan yang impactful kamu bisa mulai berlatih dengan mempraktekkan keenam langkah-langkah menulis ala impactful writing di atas.

Praktek, praktek dan praktek. Lagi dan lagi.

Nanti kamu akan terbiasa membuat sebuah tulisan dengan cara yang sistematis dan efektif untuk menghasilkan tulisan yang berdampak layaknya seorang impactful writer.

 

Editor: Dwi Andika Pratama

Sumber gambar: https://images.unsplash.com/photo-1504691342899-4d92b50853e1?ixlib=rb-1.2.1&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&auto=format&fit=crop&w=1050&q=80
Find me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *