Bagaimana Menjalani Profesi Content Writer yang Berpenghasilan Tinggi? Ini Dia 5 Tipsnya!

Bagaimana Menjalani Profesi Content Writer yang Berpenghasilan Tinggi? Ini Dia 5 Tipsnya!

Di zaman yang modern ini pekerjaan sungguhlah bervariatif. Pekerjaan zaman sekarang bukanlah yang hanya mengandalkan otot saja.

Banyak pekerjaan yang sekarang tidak harus dilakukan dengan berpanas-panasan. Salah satunya pekerjaan yang bisa dilakukan dimana saja, kapan saja adalah sebagai Content Writer.

Apakah kamu mempunyai minat dalam menulis artikel?

Kalau “iya”, itulah pekerjaan Content Writer. Dan kabar bahagianya, sekarang ini banyak sekali lowongan pekerjaan bagi Content Writer. Dikarenakan maraknya perkembangan media sosial yang membutuhkan penulis konten atau content writer.

Sebelum kamu mengetahui tips-tipsnya, alangkah baiknya kalau kamu juga mengetahui tugas-tugasnya. Apa saja kah itu?

#1. Mengelola distribusi konten(artikel) di website perusahaan.

#2. Mengisi deskripsi produk, ini apabila perusahaan kamu memiliki produk yang akan dijual, maka kau bertugas untuk membuat konten tentang produk tersebut.

#3. Mengelola konten di media sosial, apabila perusahaan itu memiliki website, biasanya juga akan memiliki berbagai media sosial untuk mempromosikan perusahaannya, maka kamu bertugas untuk membuat konten di media sosialnya juga.

#4. Melakukan riset, untuk para penulis artikel ini adalah hal yang diperlukan ketika ingin menulis konten. Karena terkadang, kita belum mengetahui hal yang akan kita tuliskan, maka riset diperlukan dalam hal ini.

Setelah kamu mengetahui tugas-tugasnya, saatnya kamu untuk mengetahui tips-tipsnya. Bagaimana sih cara agar berpenghasilan tinggi di pekerjaan Content Writer?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Perusahaan Butuh Content Writer

 

1.Harus Punya Hobi Membaca

Kenapa penulis konten harus mempunyai hobi membaca? Karena Kamu sebagai Content Writer harus mengetahui bahkan harus menguasai EBI (Ejaan Bahasa Indonesia). Karena itu dapat memengaruhi branding perusahaan tersebut.

Kalau kamu menulisnya kacau, banyak salah eja, mungkin terdengar sepele, tapi itu bakal memberikan kesan yang buruk bagi pembaca konten di website perusahaan yang kamu tulis.

 

2. Memperbanyak Latihan Menulis

“Semua bisa karena biasa” pepatah ini membuktikan, bahwa hal yang dilakukan secara terus menerus, akan menghasilkan kebisaan. Ketika Kamu ingin bisa menulis yang baik, alangkah baiknya untuk sering berlatih.

Seringnya berlatih akan memunculkan pembelajaran hal-hal baru dari pengalaman yang ada. Atau istilah kerennya “learning by doing”, belajar sambil melakukannya terus-menerus.

 

3.Mulai Menerima Pesanan Artikel 

Hal ini akan membuatmu banyak berlatih menulis dengan keinginan klien. Maka kamu akan banyak belajar riset, dan menulis mungkin bukan hal yang kamu kuasai.

Ini akan menjadi langkah awal Kamu untuk menimbun portofolio atau bahkan testimoni dari para klien tentang tulisanmu. Dan akan berpeluang, membuatmu Menjadi Content Writer yang profesional dan memiliki penghasilan yang tinggi.

Baca Juga: 16 Keahlian yang Mesti Mahasiswa Kuasai agar Sukses di Dunia Kerja!

 

4.Mencoba Bekerja Sebagai Freelance di Agency

Ini akan menjadi ajang belajar yang bermanfaat bagi Kamu. Kamu akan mendapatkan koreksi dari klien atau perusahaan yang kamu bekerja disana, dan juga kamu dapat meningkatkan skill kamu.

Dan juga kamu bisa merasakan langsung dunia kepenulisan itu seperti apa. Dan tak ada yang tak mungkin bagi kamu untuk membuka agen kepenulisan sendiri, bukan?

 

5.Sering Ikut Pelatihan atau Workshop Tentang Content Writing

Hal ini membuat kamu semakin terlatih dalam hal kepenulisan. Banyak cara dan banyak pelatihan di luar sana. Tapi manakah yang terbaik?

Impactful Writing lah jawabannya. Kamu akan belajar dari mulai mindset menulis apa yang harus kamu kuasai. Dan bagaimana caranya berkarier sebagai Content Writer.

Pelatihan Content Writer ini sangatlah dibutuhkan banyak penulis. Bahkan ilmu-ilmu dasar yang dipelajari disini sangat membantu kamu dalam hal menulis apapun. Tak hanya menulis artikel, tapi kamu bisa menerapkannya di berbagai macam jenis tulisan.

Baca juga: 5 Panduan Belajar Content Writing secara Praktis!

Maka dari itu, kami menyebutya Impactful Writer. Penulis yang memberikan dampak. Tak hanya dampak untuk dirinya, tapi buat seluruh pembaca, orang lain. Dan itu akan dirasakan jika kamu mengikuti pelatihan content writer disini.

Banyak freelance writer yang menjadikan ini sebagai ladang penghasilan baru untuknya. Maka dari itu, ini akan menjadi kesempatan emas untuk Kamu yang ingin Menjadi Content Writer berpenghasilan tinggi.

Maka, ini harus dimulai dari sekarang agar memulainya dengan persiapan yang matang. 

 

 

Editor: Dwi Andika Pratama

Sumber gambar : pexels.com
Siti Syarafina Hasyim
Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *