Waduh Memang Ada Apa Dengan Komunitas Bisa Menulis? Padahal Ini Punya 10 Manfaat Lho!

Waduh Memang Ada Apa Dengan Komunitas Bisa Menulis? Padahal Ini Punya 10 Manfaat Lho!

Komunitas Bisa Menulis merupakan salah satu komunitas yang bisa ditemukan melalui media sosial Facebook.

Apakah kamu pernah mendengarnya atau mungkin kamu merupakan salah satu anggotanya?

Ternyata beberapa waktu lalu komunitas ini sempat dihapus dari Facebook lho tapi sejak 13 Oktober 2020 lalu komunitas ini sudah kembali lagi ke Facebook dengan nama New KBM (Komunitas Bisa Menulis).

Selain itu juga jika kamu berkunjung ke laman Facebook komunitas ini, bisa kamu lihat anggotanya sudah mulai aktif memposting karya-karya mereka.

Melalui komunitas ini anggotanya bisa posting tulisan fiksi dan non fiksi seperti cerita bersambung, cerpen bahkan seperti opini, junal dan juga tulisan lainnya.

Eh, tunggu… sebelumnya apakah kamu tahu siapa pendiri dari Komunitas Bisa Menulis ini?

Pendirinya adalah suami dari penulis Asma Nadia yaitu Isa Alamsyah. Wah, ternyata pendirinya adalah suami dari seorang penulis terkenal!

Hingga saat ini Komunitas Bisa Menulis sudah mencapai lebih dari 298 ribu anggota yang terdiri dari latar belakang yang berbeda.

Hmm, apakah kamu tertarik untuk bergabung dengan komunitas menulis semacam ini? Banyak lho manfaat yang bisa kamu dapat meskipun kamu seorang pemula atau baru tertarik merambah dunia menulis.

Ini 10 manfaat yang mungkin akan kamu peroleh dengan mengikuti komunitas menulis.

 

#1. Dapet Temen Baru yang Sama-Sama Suka Nulis

Mungkin selama ini kamu sudah memiliki teman-teman yang memang sama-sama suka menulis tapi dengan bergabung ke dalam sebuah komunitas kamu bisa mendapatkan teman baru.

Kamu bisa memilih komunitas menulis sesuai dengan minatmu misalnya mau menulis sastra, blog, antologi dan juga sebagainya.

Oh iya bagi kamu yang selama ini merasa tidak punya teman yang memiliki minat yang sama dalam menulis, maka sangat direkomendasikan nih buat kamu gabung ke dalam sebuah komunitas.

Baca juga: Kenapa 97% Buku Langsung Terbit Lewat Orang Dalam?

 

#2. Punya Tempat Untuk Diskusi Dengan Orang Lain

Pernah enggak ngerasa bingung atau stuck mau nanya tentang tulisan kamu itu udah bagus belum atau ada kurangnya dimana?

Padahal udah bolak-balik dibaca sendiri tapi rasanya kok masih kurang sreg tapi enggak tau juga dimana kurangnya tulisan tuh.

Melalui komunitas kamu bisa minta pendapat dari anggota lain mengenai tulisanmu dan kamu bisa berdikusi dengan mereka.

 

#3. Banyak Sumber Inspirasi Untuk Menulis

Biasanya dalam sebuah komunitas menulis selalu ada kegiatan memposting karya tulisan dari masing-masing anggota.

Mungkin kalau seperti komunitas blog akan ada artikel olahraga, kesehatan, kecantikan, cerita pendek, cerita bersambung dan yang lainnya.

Dengan membaca tulisan-tulisan dari anggota lain kamu bisa memperoleh inspirasi-inspirasi baru ketika kamu merasa sudah buntu tidak punya ide untuk menulis.

Baca juga: Jamu Berkhasiat agar Kemampuan Menulismu Melesat

 

#4. Refreshing Supaya Tidak Jenuh

Setelah sekian lama kamu menulis apakah pernah kamu merasakan jenuh? Hal itu wajar sekali kok jika dirasakan olehmu.

Tinggal kamu akui dan terima saja ketika kamu merasa jenuh tapi ingat jangan kebablasan ya kalau kamu enggak mau nantinya jadi kebingungan sendiri ketika mulai nulis lagi.

Untuk refreshing diri ketika sudah mencapai titik jenuh di dalam komunitas kamu bisa menjadi penikmat karya-karya dari teman-teman anggota yang lain.

Pasti di sana akan banyak macam-macam tulisan dengan tema yang berbeda-beda dan itu bisa menghiburmu yang sedang jenuh.

 

#5. Ada Infus Motivasi Untuk Terus Nulis

Infus enggak cuma bentuk cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia aja seperti untuk orang-orang sakit yang ada di rumah sakit.

Terkadang sebagai peulis ada kondisi kamu mungkin merasa kehilangan motivasi untuk menulis lagi entah apapun itu hal yang melatarbelakanginya.

Tapi dengan bergabung melalui sebuah komunitas kamu bisa memberi infus berupa motivasi untuk dirimu sendiri.

Dengan saling ngobrol dengan anggota lain meskipun hanya melalui pesan tulisan tapi hal itu tidak menghilangkan energi positif yang bisa ditularkan dari mereka untuk memotivasimu.

Baca juga: Bagaimana Menulis Buku Tanpa Gangguan? Kenali Pemicunya!

 

#6. Bisa Promosi Blog Supaya Lebih Dikenal

Udah punya blog sendiri belum nih kamu? Kalau belum tidak ada salahnya kamu mencoba untuk membuat blog pribadi.

Kamu tulis saja apapun di sana sesuai keinginanmu mau cerpen, puisi, atau sekedar kumpulan curhatanmu ya tuliskan aja pokoknya.

Tapi kamu mesti hati-hati ya jangan sampai apa yang kamu tulis nanti menyinggung atau menimbulkan masalah dengan oranglain.

Blog pribadi milikmu bisa kamu promosikan juga lho melalui komunitas.

“Ah tapi blognya kan masih yang gratisan.”

Enggak apa-apa kok sebetulnya kamu mempromosikan blogmu yang masih gratisan yang penting kamu sudah mulai berani mempublish karyamu dan membagikannya dengan yang lain.

Nanti juga ketika kamu telah mempromosikan blogmu suatu saat akan tetap memiliki kesempatan untuk lebih dikenal oleh oranglain.

 

#7. Kesempatan Dapet yang Gratis-Gratis

Biasanya mata langsung berbinar-binar nih liat ada yang gratis-gratis. Hahaha.

Komunitas menulis salah satunya seperti komunitas blogger biasanya mengadakan event-event menarik.

Kamu tahu dong biasanya kalau bikin event suka pake sponsor? Nah sponsor ini biasanya juga akan menyediakan hadiah-hadiah menarik.

Seperti buku, kaos, goodie bag, dan yang lainnya bahkan ada juga yang memberikan doorprize seperti handphone.

Tapi kamu jangan ikut event tersebut hanya karena hadiah-hadiahnya saja ya, tentu saja jika mengikuti event kamu bisa punya kesempatan positif lain yaitu berinteraksi langsung dengan teman anggota yang lain.

 

#8. Peluang Mendapatkan Pemasukan dari Menulis Lebih Terbuka

Apakah kamu selama ini hobi menulis dan memang sudah mahir menulis? Pernah enggak sih terpikir olehmu untuk mencari pemasukan melalui hobimu itu?

Melalui komunitas, biasanya berbagai macam informasi bisa kamu peroleh dengan mudah mengenai kesempatan-kesempatan bekerja.

Misalnya nih kamu emang suka nulis cerpen atau puisi, bisa jadi suatu saat ada anggota yang lain mengajak untuk project membuat antologi bersama.

Atau kalau kamu seorang blogger, mungkin akan banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan sebagai content writer freelance atau tetap.

Baca juga: Bagaimana Penulis Menciptakan Penghasilan Sepanjang Tahun? Kenali 5 Sumbernya!

 

#9. Menjadikan Diri Lebih Maju dan Berkembang

Diskusi dan sharing mengenai pengalaman menulis atau saling bertukar kritik serta masukan dengan penulis lain dapat membuatmu menjadi lebih maju dan berkembang.

Selain itu dengan bergabung dalam sebuah komunitas kamu bisa mendapatkan informasi-informasi yang lebih update untuk dunia penulis.

Ini membuat kamu bisa berkembang supaya menghasilkan tulisan lebih berkualitas dan bisa menyesuaikan dengan zaman apa yang lagi ngehits sekarang.

 

#10. Menambah Ilmu Serta Memperluas Wawasan

Ilmu adalah sesuatu yang berharga. Ketika kamu berbagi ilmu dengan oranglain, ilmumu tidak akan berkurang justru bertambah.

Misalnya aja nih kamu coba sharing atau diskusi dengan salah seorang teman mengenai topik menulis lalu temanmu juga akan memberi timbal balik dengan berbagi apa yang dia tahu.

Nah di dalam komunitas pun seperti itu. Bayangin aja di dalam komunitas yang anggotanya banyak kamu bisa dapet lebih banyak ilmu dari sana dan wawasanmu akan bertambah luas.

Baca juga: 30+ Niche Market yang Menghasilkan di Tahun 2020

 

Itu dia ke sepuluh manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti sebuah komunitas menulis.

Sekarang kalau kamu belum bergabung dalam sebuah komunitas, apa kamu jadi berminat untuk bergabung dengan sebuah komunitas?

Oke, mudah-mudahan sepuluh poin yang udah dibahas di atas bermanfaat untukmu ya!

 

Kesimpulan

Bergabung ke dalam sebuah komunitas merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menjadikan diri lebih baik dalam menulis.

Karena banyak manfaat yang bisa kamu peroleh diantaranya kamu lebih banyak kenalan yang memiliki minat sama, wawasan bisa bertambah luas, kamu bisa lebih dikenal dan juga kamu akan lebih berkembang.

 

Editor: Dwi Andika Pratama

Sumber gambar: https://images.unsplash.com/photo-1517048676732-d65bc937f952?ixlib=rb-1.2.1&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&auto=format&fit=crop&w=1050&q=80
Find me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *