Awam Banget Tentang Cara Menulis? 9 Cara Ini Sangat Mudah Diikuti!

Awam Banget Tentang Cara Menulis? 9 Cara Ini Sangat Mudah Diikuti!

Menulis itu emang susah banget ya? Iya susah banget apalagi buat yang enggak pernah mulai-mulai buat nulis cuma niat doang di dalem hati.

Pernah enggak kamu selama ini kepikiran banyak ide atau topik buat ditulis tapi enggak kamu keluarin sama sekali.

Ide-ide itu cuma sekedar di dalem pikiran aja terus ketumpuk-tumpuk mikirin hal lain lalu akhirnya wuuzz ide itu terlupakan dan udah enggak tau pergi kemana.

Aduh sayang banget udah niat dan nemu ide tapi enggak kamu keluarin sedikitpun meskipun satu dua kata sebenernya bisa kamu tulis dulu dimanapun.

Katanya sih mau jadi penulis, tapi bingung sendiri seperti apa cara menulis yang efektif dan membuat kamu produktif menghasilkan sebuah karya tulisan?

Yaudah deh, tanpa berlama-lama lagi kita bahas ya satu persatu cara menulis yang mudah dan bisa mulai kamu lakukan dari sekarang.

Baca juga: Bagaimana Menguasai Content Writing dan Copywriting Sekaligus?

 

#1. Baca, Baca dan Baca

Kenapa sih harus membaca? Karena dengan membaca kamu jadi lebih mengenal banyak tulisan, menambah wawasan dan meningkatkan keinginan untuk menulis sesuatu.

“Aduh, sebenernya aku males baca buku!”

Enggak harus langsung dimulai dengan baca buku yang tebel-tebel atau yang isinya berat dan ngebosenin kok kamu bisa mulai baca-baca artikel yang memang menarik bagimu saja dari internet.

Yang terpenting adalah timbulkan dulu rasa rasa cinta terhadap membaca sebuah tulisan melalui pembiasaan kegiatan membaca hal-hal yang memang menarik bagimu.

Lalu yang perlu kamu tahu adalah bahan bacaan yang kita baca itu seperti makanan, semakin bergizi maka hasilnya informasi yang terserap oleh otak kita semakin berkualitas.

Jadi setelah cinta membaca itu muncul, cobalah untuk sedikit demi sedikit mengupgrade bahan bacaanmu supaya nantinya kamu bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas juga.

Baca juga: 5 Rahasia di Balik Melejitnya Karya Mark Manson

 

#2. Menuangkan Isi Pikiran Melalui Buku Diary

Membiasakan menuangkan apapun isi pikiran melalui tulisan itu merupakan aktivitas yang dapat membantumu untuk terbiasa menulis.

Kalau kata Kadika mah supaya rasanya lebih puas dalam menuangkan apapun isi pikiranmu ketika menulis lebih baik tulis langsung pada sebuah buku diary.

Menulis langsung di atas sebuah kertas feelnya beda dengan mengetik, coba aja sekarang kamu praktekin dan rasain sendiri deh.

Oiya, enggak perlu ngerasa geli denger istilah buku harian atau diary toh itu hanya untuk konsumsi pribadimu sendiri dan untuk menuangkan isi pikiranmu.

Melalui buku harian tulis saja apapun yang kamu rasakan, pikirkan, unek-unek dan juga jangan lupa tuliskan ide-idemu.

Sehingga ketika kamu lupa mengenai ide-ide yang mau kamu jadikan topik tulisan tinggal cari aja di buku harianmu itu.

 

#3. Menguasai Diri Sendiri

Hambatan ketika nulis itu selalu ada aja kok mau hambatan dari dalam atau dari luar dan hal ini tidak hanya dirasakan penulis pemula karena yang sudah mahir pun bisa merasakannya.

Kalau kamu mau menjadi penulis yang hebat maka kamu harus bisa menguasai setiap hambatan itu, apalagi hambatan dari dalam diri.

Misalnya kamu merasa mood lagi jelek kamu harus tahu bagaimana menaklukkan perasaan tersebut supaya tidak mempengaruhi produktifitasmu untuk menghasilkan tulisan.

Kalau mood jelek cari tahu apa yang bikin mood kamu naik misalnya dengan baca komik humor yang bisa bikin kamu ketawa untuk menaikkan mood.

Kamu tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu yang penting adalah kamu tetap bisa menguasai dirimu bagaimanapun hambatan internal serta eksternalmu.

Oh iya, tips lain untuk menguasai diri ini juga bisa kamu peroleh lebih lengkap lho dengan mengakses modul Certified Impactful Writer.

Baca juga: Lupakan Copywriting, Mulailah Menulis

 

#4. Mulai Menulis Sesuai Topik yang Dikuasai

Kalau kamu paling menguasai topik apa? Topik menulis itu banyak banget misalnya tentang self development, teknologi, seni, film dan yang lainnya.

Langsung kamu mulai saja berlatih menulis dengan topik yang memang kamu sukai dan kuasai karena dengan begitu maka kamu sudah punya modal menguasai sebuah topik untuk ditulis.

Oiya, pada awal latihan menulis kamu enggak perlu terlalu mikirin mana kata-kata yang baku atau tidak, penggunaan tanda baca, dan yang lainnya.

Menulis saja dengan lepas dan sebebasmu dengan gayamu sendiri serta senyaman mungkin untuk selama kamu berlatih menulis.

 

#5. Melakukan Research Terkait Topik yang Akan Ditulis

Ketika kamu ingin menulis sebuah artikel sesuai dengan topik yang menarik di matamu kamu disarankan untuk melakukan sebuah research.

Hal ini untuk membuat tulisanmu lebih terpercaya, update dan lebih berkualitas selain itu kamu juga bisa mempelajari tulisan-tulisan menarik oranglain dengan topik sama sebagai contoh.

Memang terkadang topik yang ditulis sudah sangat dikuasai olehmu dan kamu memang khatam banget tuh dengan topik itu.

Tapi kalau ada keraguan dalam dirimu terhadap tulisanmu misalnya terkait dengan data-data angka yang ingin kamu cantumkan sebaiknya kamu cari dulu sumber yang valid apakah angka yang kamu ingin cantumkan masih relevan atau tidak.

Selain itu kamu juga bisa mempelajari tulisan-tulisan dengan topik yang sama supaya tahu bagaimana membuat artikel terlihat menarik tapi jangan malah dicopas semuanya ya, kamu bisa mengutip.

baca juga: Bagaimana Mengemas Tulisan Jadi Penghasilan?

 

#6. Jadikan Aktivitas Menulis Sebagai Rutinitas

Menjadikan menulis sebagai sebuah rutinitas akan membuatmu menjadi lebih mahir dalam menulis.

“Tapi kalau nulis terus menerus kan pasti bakal ada bosennya?”

Jawabannya memang iya betul banget, tapi ketika kamu telah membangun kebiasaan menulis misalnya di pagi hari dalam kamarmu, nanti kalau suatu saat kamu tidak melakukannya akan timbul rasa kaya ada yang kurang kalau belum nulis.

Btw, hal ini seperti disampaikan oleh Kadika di dalam modul pertama Certified Impactful Writer lho.

 

#7. Meminta Pendapat Orang Lain

Setelah hatimu semakin bertaut dengan kegiatan menulis cobalah beranikan diri untuk memposting tulisanmu misalnya di media sosial.

Lalu mintalah teman-temanmu untuk membacanya dan memberi komentar berupa kritik dan saran-saran yang membangun.

Ini menjadi langkah awal yang cukup mudah untuk membuatmu menjadi penulis yang lebih berkembang dengan menerima kritik dan saran yang dari orang lain.

Baca juga: 5 Panduan Belajar Content Writing secara Praktis!

 

#8. Mencari Mentor Menulis

Kalau mendengar kata mentor apa sih yang terbayang di dalam pikiranmu? Coba deh bayangin enak enggak sih kalau mau mendalami suatu hal ada yang bimbing gitu?

Jika kamu selama ini merasa ingin ada yang membimbingmu untuk lebih baik lagi dalam menulis kamu bisa mencari mentor.

“Dapet mentor darimana sih?”

Salah satunya kamu bisa mendaftarkan dirimu mengikutin sebuah pelatihan menulis karena di sana kamu akan dimbimbing oleh seorang mentor yang memiliki ilmu serta telah berpengalaman.

Ketika kamu sudah masuk ke dalam sebuah pelatihan manfaatkanlah sebaik mungkin dengan belajar sebaik-baiknya, bertanyalah jika banyak hal yang membingungkan dan bangun relasi yang baik dengan mentor dan juga teman peserta yang lain.

Oh iya, pelatihan menulis yang asyik dan seru untuk diikuti untuk belajar diantaranya seperti Certified Impactful Writer dan Super Impactful Writer kamu bisa dapat materi belajar yang bisa diakses sampai kapanpun, ada sesi mentoring serta mendapatkan banyak teman-teman baru.

 

#9. Mengikuti Perlombaan

Kamu suka dapet kendala kaya bingung bikin konsep atau alur tulisan enggak sih? Hal ini bisa kamu atasi dengan mengikuti sebuah perlombaan.

“Aku masih pemula ah!”

Jangan mengecilkan diri dulu sebelum dicoba dan mengetahui manfaatnya ketika kamu ikut lomba.

Kalau kata mentor kita, Kadika di Certified Impactful Writer mah coba aja ikut lomba supaya kita terbiasa membuat konsep dalam menulis.

Dengan pembiasaan membuat konsep bisa bikin kita ketagihan lalu akhirnya akan terbiasa. Nah kalau udah terbiasa apa-apa jadi enggak terasa berat kan?

Baca juga: Tantangan Terbesar Penulis Profesional

 

Itulah sembilan cara menulis yang bisa kamu coba meskipun kamu benar-benar masih pemula. Semoga bisa diterapkan dan bermanfaat ya!

 

Kesimpulan

Memulai sesuatu itu benar-benar harus dilakukan karena kalau hanya sekedar niat tapi tidak ada pergerakan akhirnya cuma jadi wacana.

Kalau kamu mau bisa nulis cobalah dari hal-hal yang paling mudah misalnya mulai mencintai tulisan dengan membiasakan membaca.

Setelah itu bebaskan dirimu dari hambatan apapun dan mulailah menulis sebabasmu dan se-ekspresif mungkin tentang topik apapun yang kamu sukai.

Lalu jangan pernah berhenti mengupgrade kualitas diri!

 

Editor: Dwi Andika Pratama

Sumber gambar: https://images.pexels.com/photos/3631711/pexels-photo-3631711.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940
Find me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *