8 Alasan Belajar Content Writing Sebagai Modal Cari Kerja

8 Alasan Belajar Content Writing Sebagai Modal Cari Kerja

Menjadi fresh graduate yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan jangan sampai menghalangi untuk mempelajari skill lain yang dapat menunjang kemampuan diri.

Tetap tenang dan sabar sebab di luar sana pun banyak orang yang masih belum memperoleh pekerjaan karena terkena dampak pandemi COVID-19.

Nah sekarang daripada kamu diem di rumah aja dan banyak rebahannya mendingan coba deh belajar content writing siapa tahu bisa jadi modal kamu nih untuk nyari kerja.

Lho, kenapa bisa gitu? Yuk cermati alasan-alasan di bawah ini ya!

 

#1. Wawasan Menjadi Bertambah

Dengan belajar content writing kamu akan membiasakan diri untuk terus belajar menulis sekaligus membaca.

Emang kenapa sih harus membaca juga? Karena bahan bacaan ibaratnya seperti bahan baku untuk membuat sebuah tulisan berkualitas.

Dengan terbiasa melakukan kedua kegiatan tersebut kamu dapat menambah wawasan yang tentu sangat berguna untuk memperoleh pekerjaan nanti.

Misalnya saat wawancara pekerjaan mungkin kamu akan ditanya mengenai pengetahuanmu terhadap suatu hal.

Baca juga: 16 Keahlian yang Mesti Mahasiswa Kuasai agar Sukses di Dunia Kerja!

 

#2. Up to Date Terhadap Hal-Hal Baru

Kamu sebagai kaum milenial pernah enggak sih ngerasa udah malas nonton, baca dan dengerin tentang berita-berita yang masalahnya semacam itu lagi itu lagi?

Tapi semalas-malasnya kamu jangan sampai membuat kamu kudet ya alias kurang update terhadap informasi terbaru karena sebagai job seeker harus update dong.

Dengan belajar content writing kamu akan terpacu untuk up to date terhadap hal-hal yang baru karena untuk menjadi content writer profesional kamu perlu menulis hal-hal yang menarik pembaca atau pengunjung sebuah web.

 

#3. Meningkatkan Kemampuan Diri

Kemampuan apa yang meningkat dengan belajar menjadi content writer? Tentu saja kemampuanmu dalam mengolah kata-kata sehingga menghasilkan sebuah tulisan.

Kalau kemampuanmu kian hari semakin meningkat maka kamu bisa nih mulai berkarir dan mencari peluang kerja sebagai content writer yang profesional.

Eh, udah tahu kan kalau content writer ini profesi yang lagi banyak dicari sama perusahaan nih di era industr 4.0 ini?

Baca juga: 15 Cara Menghasilkan dari Tulisan yang Terbukti Menambah Penghasilan

 

#4. Menjadi Bermanfaat Bagi Orang Lain

Belajar content writing tentu saja sepaket dengan belajar menjadi bermanfaat bagi oranglain karena salah satu fungsi content writer adalah menjelaskan produk kepada calon konsumen.

Selain bermanfaat bagi oranglain, kalau kamu jadi content writer otomatis kamu akan membawa manfaat untuk diri sendiri juga.

Manfaat untuk diri sendiri yang bisa kamu peroleh diantaranya seperti poin-poin yang udah disampaikan di atas.

 

#5. Menambah Relasi

Hari gini masih enggak mau mencari banyak relasi? Stop, jangan malas membangun relasi ya apalagi bagi kamu anak muda yang baru melangkah di kehidupan yang sebenarnya.

Memiliki banyak relasi dapat membantu kamu mengembangkan diri karena semakin banyak berkenalan dengan orang semakin banyak kamu memperoleh pelajaran juga dari orang lain.

Selain itu melalui banyak relasi kamu bisa memperoleh banyak informasi misalnya informasi mengenai lowongan pekerjaan. Menguntungkan bukan?

Belajar content writing bersama teman-teman lain yang mungkin belum kamu kenal dapat menambah relasi dan memperluas pergaulanmu.

Baca juga: Waduh Memang Ada Apa Dengan Komunitas Bisa Menulis? Padahal Ini Punya 10 Manfaat Lho!

 

#6. Mendapat Penghasilan

Setelah mempelajari content writing sebaiknya kamu benar-benar menfaatkan dan mempraktekkan langsung ilmunya.

Cobalah terjun langsung sebagai content writer atau coba dulu saja menjadi seorang freelance yang menyediakan jasa penulisan artikel.

Kalau belum pede kamu bisa meminta bimbingan serta arahan dari mentor yang mengajarimu supaya bisa memanfaatkan ilmu content writing untuk menghasilkan.

Jadi mau apapun latar belakangmu kalau ada kesempatan untuk menjadi seorang content writer ya siap-siap saja kan sudah punya bekal dari belajar content writing.

 

#7. Memiliki Portofolio

Masih betah rebahan aja padahal udah mampu untuk menjadi seorang content writer? Udah ah jangan kelamaan!

Ambil setiap tawaran yang ada meskipun menurutmu masih tawaran yang kecil-kecilan yang penting kumpulin portofolio dulu.

Dengan memiliki portofolio kalau kamu mau coba apply bekerja ke dalam sebuah perusahaan sebagai content writer maka kamu bisa lebih dipercaya dan dipertimbangkan untuk diterima.

 

#8. Membranding Diri

Ilmu yang telah kamu peroleh dari belajar content writing bisa kamu manfaatkan untuk melakukan branding diri sendiri.

Melalui tulisan-tulisan yang kamu buat kamu bisa memperkenalkan diri kepada orang banyak di luar sana karena content writing tidak hanya berguna untuk menunjang profesi sebagai seorang content writer aja kok.

Bahkan ketika kamu membuat surat lamaran bekerja pada bidang lain pun bisa kamu manfaatkan ilmu content writing untuk membranding diri di dalam surat yang kamu buat.

Baca juga: 5 Panduan Belajar Content Writing secara Praktis!

 

Itulah alasan-alasan mengapa kamu butuh belajar content writing karena bukan hanya bermanfaat untuk terjun menjajal profesi sebagai content writer saja.

Ilmu content writing bisa kamu manfaatkan untuk diaplikasikan pada hal-hal lain juga.

 

Kesimpulan

Mencoba mempelajari hal-hal baru di sela-sela waktu luang akan memberikan banyak manfaat yang bisa dinikmati sendiri.

Salah satunya belajar content writing yang memberi manfaat mengasah dan menambah kemampuan diri, selain itu kamu bisa berkesempatan memperoleh pemasukan juga.

 

Sumber gambar: https://images.pexels.com/photos/3807755/pexels-photo-3807755.jpeg
Find me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *