Kamu Penulis? Ini 10 Profesi Penulis Selain Jadi Penulis Buku!

Kamu Penulis? Ini 10 Profesi Penulis Selain Jadi Penulis Buku!

Setiap pekerjaan zaman sekarang pasti butuh seorang penulis. Bahkan pada keseharian kita saja, semuanya butuh pekerjaan menulis.

Pekerjaan sehari-hari yang butuh pekerjaan menulis itu seperti, PR sekolah, tugas kuliah, atau tugas kerja. Semuanya butuh keahlian menulis.

Bahkan di sosial media sekalipun, kita juga melakukan kegiatan menulis. Sekarang malah, menulis nggak hanya untuk menjadi penulis buku.

Banyak sekarang pekerjaan yang memerlukan keahlian menulis, dan namanya pun bermacam-macam.

Ini ada 10 profesi penulis yang selalu dibutuhkan dan dicari-cari perusahaan, Yuk disimak!

Baca Juga: 16 Keahlian yang Mesti Mahasiswa Kuasai agar Sukses di Dunia Kerja!

 

1. Penulis Bidang Akademis

Karir ini melibatkan menulis riset dan ide dalam bidang sains yang lebih simpel dan mudah dimengerti dan bersifat original.

Kalau kamu mencari ini di pencaharian pekerjaan, maka akan sangat banyak lowongan pekerjaan untuk bidang ini, apalagi freelance (pekerja lepas).

Penting juga untuk diketahui bahwa bidang ini, tidak memiliki ruang kreatif, dan penulis akademis harus mempunyai style penulisan yang spesifik dan layout nya yang sulit ditentukan juga dalam tulisannya.

 

2. Penulis bidang bisnis

Pekerjaan ini juga banyak dicari. Karena banyak yang membutuhkan untuk menuliskan semacam  menulis email, memo, pengumuman, dan lain sebagainya.

Dan biasanya kamu juga akan menulis proposal proyek, bussines plan, bussines model, laporan proyek, branding, dan banyak pekerjaan yang akan dikerjakan oleh kamu jika menjadi penulis bidang bisnis.

 

3. Penulis Kreatif

Bidang ini mungkin yang paling menarik, karena ini mengandalkan pemikiran kreatif dan keragaman.

Salah satu faktor pembeda dari pekerjaan penulis lainnya, penulis kreatif itu pekerjaannya lebih mengandalkan opini, pemikiran, dan pendapat si penulis. Bukan berbasis akan fakta.

 

4. Direktur Komunikasi

Ini adalah campuran kegiatan menulis dan marketing. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan untuk memastikan bahwa pandangan publik berada dalam sisi positif akan perusahaanmu.

Pekerjaannya biasanya menciptakan tujuan komunikasi perusahaan akan perilisan pers, artikel, newsletter,  campaign dalam bentuk email, periklanan, dan materi pemasaran yang biasanya ada campur tangan menulis juga.

Baca Juga: 5 Profesi Bergaji Besar Ini Cocok Buat Kamu yang Nggak Suka Ketemu Banyak Orang

 

5. Technical Writer

Skill ini biasanya membutuhkan kemampuan memilih jargon, istilah-istilah teknis dengan bahasa yang sederhana.

Sebagian besar pekerjaannya melibatkan memperlihatkan informasi yang relevan yang penting bagi software developer.

Pekerjaan ini kalau dibandingkan dengan pekerjaan penulis lainnya, ini masih sangat dibutuhkan dan memiliki ekspektasi tinggi sekitar tahun 2020-2026 ke depan.

 

6. Penulis Pidato

Bukan hanya untuk pekerja pemerintah, pekerjaan ini juga dibutuhkan juga bekerja sebagai eksekutif perusahaan, artis terkenal, atau perusahaan public relations (hubungan masyarakat).

Untuk melakukan ini kamu harus bisa menulis tulisan yang persuasif mengenai kebijakan atau prinsip yang mungkin nggak kamu setujui.

 

7. Screenwriter

Apakah kamu pernah kepikiran untuk menulis cerita sebuah film atau drama sinetron? Kalau saat ini, banyak sekali peluang untuk menjadi penulis skenario film.

Screenwriter adalah energi kreatif di balik perfilman dan pertelevisian. Kamu bisa mengadaptasi dari novel menjadi film, atau menulis episode dari sebuah acara.

Kamu harus paham cara membuat screenplay dan cara membuat karakter yang menarik dan dialog yang engaging.

 

8. Editor

Tugasnya adalah menyarankan perbaikan dalam tulisan yang akan naik cetak. Pekerjaanmu akan memberi pencerahaan baru ke hasil teks dan memperkuat struktur cerita.

Dan ini memerlukan skill editing yang nggak main-main. Banyak pekerjaan editor yang bekerja di publishing house, tapi kamu juga bisa bekerja freelance untuk pekerjaan ini.

Baca Juga: Pilih Mana dari 12 Profesi Menulis yang Nggak Kalah Bergengsi Ini?

9. Jurnalis

Mau berfokus pada TV, radio, print atau web, (atau kombinasi seluruhnya). Kamu sebagai jurnalis bertugas untuk mengumpulkan informasi aktual atau yang cocok dijadikan berita.

Kebanyakan jurnalis memulai dengan pekerjaan menulis seperti reporter umum. Tapi, dengan banyaknya pengalaman, maka kamu bisa juga bekerja di perusahaan-perusahaan media.

 

10. Advertising Copywriter

Pernah merasa terpana, atau malah terngiang-ngiang dengan iklan yang pernah kamu lihat? Itulah pekerjaan Advertising Copywriter. Membuat naskah copy untuk online atau iklan yang ada di TV.

Tujuan utamanya adalah agar yang melihat iklan yang kamu buat dapat menariknya untuk membeli produk yang kamu iklankan.

Nah, dari sekian pekerjaan ini, mana yang kamu ingin coba? Karena menulis nggak hanya menjadi penulis buku, banyak di luar sana keahlianmu sangat dibutuhkan.

 

 

Sumber gambar : freepik.com

Siti Syarafina Hasyim
Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *