5 Cara Sederhana Membuat Copywriting Anti Pusing!

5 Cara Sederhana Membuat Copywriting Anti Pusing!

Copywriting sederhana yang bagus tidaklah dibuat dengan kata-kata yang berlebihan apalagi berisikan kebohongan saat menawarkan produk.

Saat kamu menjadi seorang copywriter, maka jangan pernah melakukan manipulasi produk barang atau jasa yang Kamu jual. Karena profesi apapun, ketika tidak jujur maka akan berdampak jelek bagi bisnis kamu.

Pada dasarnya setiap bisnis yang menerapkan copywriting akan memberikan nilai lebih, bahkan hasil yang sangat jauh berbeda.

Copywriting yang baik, tentu dapat memengaruhi orang yang membacanya. Bahkan sampai dapat menghipnotis calon pembeli dengan mudah.

Jika kamu merasa kesulitan dalam menulis copywriting, berikut ada 6 cara sederhana membuat copywriting yang akan sangat membantumu.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Writer’s Block

 

1.Copywriting Sederhana Memiliki 1 tujuan

Copywriting sederhana hanya memiliki satu tujuan. Yaitu membuat pemasaran lebih terarah.

Contohnya ketika menjual skincare, maka tujuan dibuatnya copywriting untuk menjual 1000 skincare dalam jangka waktu 2 bulan.

Dalam membuat tujuan, Kamu harus menuliskannya secara spesifik, terarah, jelas, strategis, singkat, dan tunggal.

 

2.Buat Strategi untuk Copywriting

Akan ada beberapa pertanyaan yang harus kamu pikirkan sebelum membuat copywriting:

  1. Pikirkanlah apa barang yang akan kamu jual. Apakah produk kamu dapat menarik konsumen atau tidak?
  2. Pikirkanlah bagaimana caranya agar produk kamu dapat menarik konsumen? Apakah dengan diskon, harga coret, atau yang lain.
  3. Pikirkanlah strategi yang harus dikembangkan, baik dari produknya, konsumennya, atau cara penyampaiannya.

Kemudian pilih judul yang menarik pembaca. Hal ini sangat penting, karena kalau dari judul saja kamu tidak bisa menarik minat pembaca, bagaimana pembaca akan menjadi pembeli produkmu?.

Oleh karena itu, buatlah judul yang menarik agar pembaca bisa baca sampai akhir. Kamu bisa menawarkan manfaat ganda, meningkatkan konsekuensinya, atau menciptakan urgensi.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Menulis Copywriting yang Menjual!

 

3.Berkomunikasi dengan Pembeli

Maka ini dimulai dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pembeli. Banyak terjadi kegagalan saat penjualan adalah karena salah dalam berkomunikasi dengan pembeli.

Saat berkomunikasi dengan pembeli, jadilah senyata mungkin seakan-akan pembeli Kamu itu ada di hadapanmu.

Dan jadilah ramah, supel, dan memiliki suara yang enak didengar. Itu akan membuat kesan yang baik terhadap pelanggan Kamu.

Bangunlah percakapan yang mengalir, tidak kaku, dan alami dengan calon pembeli. Ketika calon pembeli itu merasa nyaman, maka pembeli tersebut bisa saja merekomendasikan kepada teman-temannya atau yang lain.

 

4.Dekat dalam Gaya Bahasa

Gaya bahasa ini cukup penting, sebab apa yang kamu sampaikan tergantung bagaimana cara kamu menyampaikannya.

Ketika kamu dekat dalam gaya bahasa si calon pembeli, maka kamu akan mudah diterima dan akan cepat terjadinya pembelian.

Dari segi gaya bahasa, copywriting kamu haruslah eksploratif, informatif, naratif, dan argumentatif.

Baca Juga: Buka-Bukaan! 6 Langkah Cara Menulis Artikel Berkualitas ala Impactful Writing!

 

5.Menerapkan Konsep AIDCA

Konsep ini tidak berbeda jauh dengan konsep AIDA. A, disini adalah Attention, artinya iklan harus bisa membuat audience tergoda untuk membacanya lebih lanjut.

I, adalah Interest. Yaitu dapat menarik minat baca audience. D, yaitu Desire. Ini maksudnya adalah harus mampu mempengaruhi hasrat audience.

C, yaitu Conviction, artinya iklan kamu harus bisa meyakinkan pembaca. Kemudian yang terakhir adalah A, adalah Action, yang artinya iklan harus mampu membuat hasil atau output berupa aksi atau tindakan audience yang membacanya.

Setelah Kamu dapat menerapkan 5 cara sederhana membuat copywriting ini, maka kamu akan melihat banyak manfaat yang berdampak kepada bisnis kamu. 

 

 

Sumber gambar: unsplash.com/aleksdorohovich

Siti Syarafina Hasyim
Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *