fbpx
Belajar Content Writing Untuk Youtuber Pemula? Baca 5 Alasan Ini!

Belajar Content Writing Untuk Youtuber Pemula? Baca 5 Alasan Ini!

“Emang perlu banget ya, Youtuber pemula belajar content writing?”

Kamu masih punya mindset, kalau youtuber bikin konten video, aja. Ngapain belajar content writing segala!

Ya, memang dari sisi ilmu, content writer itu bikin konten yang disajikan dalam bentuk tulisan.

“Gak ada hubungannya dong, belajar content writing dengan content creator Youtube?”

Sayangnya kamu salah. Karena kemampuan content writing sangat membantu kamu untuk membuat script video.

Video youtube yang digarap asal-asalan tanpa script yang baik, akan menghasilkan konten yang tidak berkualitas. Padahal kualitas ini yang akan mendulang banyak viewers.

Sebagai youtuber, gak mau kan kamu sudah lelah bikin konten tapi tidak ada yang tertarik menonton.

Agar kamu tidak gagap saat membuat script video youtube, nah berikut 5 alasan kenapa youtuber juga harus belajar content writing:

#1. Menjaga Kualitas Konten

Belajar content writing akan menambah pengetahuan tentang bagaimana menyajikan video yang memiliki alur jelas dan berkualitas.

Gak mau dong, video yang kamu buat melebar ke hal-hal yang gak jelas dan gak penting. Bisa-bisa para viewers-mu auto unsubscriber karena merasa video di channel youtube kamu tidak berfaedah.

Dengan menguasai ilmu content writing, kamu bisa fokus membuat script yang sesuai minat penonton. Ingat kan, kalau audience itu cenderung memilih tontonan sesuai ego masing-masing.

Selain itu, saat kamu mengangkat isu yang lagi happening sebagai konten, penulisan script video youtube akan membantu kamu untuk menggali isu tersebut lebih dalam sebelum proses syuting di mulai.

Sesuaikan dengan porsi kebutuhan, keinginan dan rasa penasaran penonton. Dengan begitu kamu tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk sekadar retake scene video yang dirasa kurang memuaskan ego viewers.

Belajar content writing juga akan bikin kamu auto mahir riset hal-hal yang lagi tren dan up to date. Ini juga akan mempersingkat proses editing video, karena alurnya sudah kamu tulis dalam script video, bukan?

Baca juga: 5 Panduan Belajar Content Writing secara Praktis!

 

#2. Membuat Konten Lebih Menarik

Menulis script sebelum mulai proses syuting video untuk konten Youtube sama dengan kamu brainstorming dahulu mengenai isi dan bagaimana konten akan diproduksi.

Kamu bisa lebih leluasa membayangkan bagaimana supaya konten itu lebih unik, menarik dan berbeda dari channel youtube sebelah.

Di sisi lain dengan mengacu pada script yang sudah dibuat, hasli video youtube tersebut akan tetap terjaga relevansinya dengan topik yang sedang diangkat.

Karena pada dasarnya konten yang ditulis seorang content writer itu memiliki intonasi layaknya saat kita berbicara, maka dengan panduan scipt yang jelas, kamu akan lebih lancar dan percaya diri saat berbicara di depan kamera.

Dengan begitu penonton juga tidak akan kesulitan memahami poin yang kamu sampaikan via video youtube.

Baca juga: Apa Perbedaan Content Writer, Copywriter, SEO Writer, UX Writer, dan Content Marketer?

 

#3. Membantu Mengelola Konten 

Membangun channel Youtube sebaiknya diawali dengan konsep dan pengelolaan konten yang baik. Setiap video yang diunggah, harus dipastikan memiliki manfaat.

Di sisi lain setiap konten harus memiliki relevansi satu sama lain dan tidak melenceng dari niche yang sudah kamu pilih untuk channel youtubemu.

Hindari membuang waktu untuk brainstorming konten yang selalu berubah-ubah konsep. Sebab itu akan banyak memakan energi.

Gunakan prinsip ‘saling melengkapi’ antar konten. Cara ini akan mengundang rasa penasaran dan minat penonton untuk meng-klik video serupa lain, yang memang dari awal nichenya sudah masuk ke dalam ketertarikan mereka.

Selain itu dengan adanya script video, kamu juga akan lebih mudah men-ceklist satu-persatu kebutuhan stock shoot video seperti apa yang dibutuhkan.

Baca juga: 30+ Niche Market yang Menghasilkan di Tahun 2020

 

#4. Memperjelas Alur Video

Nah setelah kamu memikirkan dan menentukan topik apa yang akan diangkat menjadi konten, kamu harus memikirkan bagaimana alur yang menarik dan mudah dipahami oleh publik.

Dengan membuat script untuk setiap konten yang akan tayang, tentu dapat membantumu menemukan dan menentukan sudut pandang yang menarik supaya nantinya alur konten video pada channelmu mudah dipahami audience.

Gunakanlah sudut pandang yang berbeda dari yang lain, catat poin-poin seperti apa kontenmu akan disusun dan dkemas nantinya.

Di sisi lain kamu juga butuh kemampuan content writing ini untuk memberi judul dan deskripsi setiap video yang kamu unggah agar menarik minat netizen untuk meng-klik kontenmu.

Jangan salah presepsi, youtube juga memiliki algoritma sendiri yang cukup mirip dengan google. Ketika kamu terbiasa menulis headline dan artikel maka membuat judul video youtube yang berpotensi trending tidak akan sulit.

Baca juga: Awam Banget Tentang Cara Menulis? 9 Cara Ini Sangat Mudah Diikuti!

 

#5. Mempercepat Proses Branding

Jaman sekarang bikin konten di Youtube saingannya tentu sudah banyak sekali. Sebab itu dari awal kamu perlu sekali melakukan branding.

“Kamu ingin dikenal sebagai content creator youtube yang seperti apa, sih?”

Di awali dengan membuat video perkenalan tentang diri kamu, lalu disusul dengan sajian konten-konten yang ‘khas’ diri kamu sendiri.

Dalam proses menjaga konsistensi konten yang kamu banget, kamu bisa langsung praktek menyusun script berdasarkan ilmu content writing.

Dalam proses penulisan tersebut, pastikan juga kamu menunjukan video yang menarik dan menonjolkan keunikan dirimu, supaya menjadi nilai plus dan beda dari Youtuber lainnya.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan deskripsi yang menarik dengan skill content writing yang kamu miliki, sambil memperkenalkan akun media sosial lain milikmu.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Menulis Copywriting yang Menjual!

 

Itu alasan-alasannya kenapa perlu belajar content writing meskipun kamu sudah menjadi seorang youtuber profesional atau baru berencana menjadi content creator.

Dengan belajar mengemas konten video melalui content writing, harapannya kamu bisa membuat sebuah script Youtube yang unik, menarik dan berkualitas.

Script tersebut juga gak cuma berfungsi untuk bikin video youtube saja lho. Ketika kamu ingin mencoba membuat film pendek pun, butuh sekali script yang baik dan bisa dimengerti semua kru.

Jangan sampai terjadi miss komunikasi antar tim internal dalam pembuatan konten ya. Kamu bisa mulai belajar content writing dengan ikut online course supaya kemampuanmu lebih cepat berkembang.

 

Kesimpulan

Nah sekarang kamu udah gak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana membuat konten youtube yang unik, menarik dan berkualitas, karena kamu sudah bikin script yang jelas.

Kamu hanya perlu mengikuti step-step dalam script yang sudah kamu buat sebelum mulai taping secara konsisten.

Karena melatih kecakapan dalam membuat script video youtube yang baik dan jelas diawali dengan belajar content writing sebagai pondasi awal.

Selamat mencoba.

 

Sumber gambar: https://images.unsplash.com
Find me

2 Comments

  1. Bagus, jadi tau apa yang seharusnya dilakukan sebelum membuat video , karena content writing perlu untuk kualitas video. Baca artikerlnya ga bosenin ringan tp berisi mantap author 👍🏻👍🏻👍🏻

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *