fbpx
7 Skill yang Wajib Dikuasai untuk Menjadi Content Marketer

7 Skill yang Wajib Dikuasai untuk Menjadi Content Marketer

Apa itu content marketer?

Menurut Copyblogger, content marketer adalah seseorang yang paham gimana cara menempatkan dan mempromosikan konten untuk menjangkau audience secara luas sehingga mereka mau menjadi pelanggan dan mau kembali lagi.

Content marketing sendiri memang strategi yang terbukti cukup efektif untuk dilakukan saat ini. Wah, makin menarik untuk dikupas nih.

Kira-kira apa aja ya skill yang harus dikuasai untuk menjadi content marketer? Baca sampe habis ya!

#1. Bisa Menjiwai Konten

“Menjiwai udah kaya mau acting aja.”

Yup, emang bener kok bisa dibilang begitu. Karena audience yang nanti liat konten kamu bisa ngerasain lho gimana kamu menyampaikan kontennya.

Kalo kamu ragu maka audiencemu pun nanti bisa ragu. Tapi kalo bener-bener yakin nanti audience pun akan yakin terhadap apa yang kamu sampaikan melalui konten.

Makanya perlu banget seorang content marketer bisa menjiwai konten yang dibuatnya supaya bisa menularkan energi-energi yang positif kepada audience.

Baca juga: Apa Perbedaan Content Writer, Copywriter, SEO Writer, UX Writer, dan Content Marketer?

#2. Mampu Menjadi Editor

Content marketer harus bisa ngedit. Ngedit kontennya nggak cukup cuma bisa edit kata-kata yang typo atau susunan kalimat yang nggak bener doang.

Kamu juga harus bisa bikin konten yang memang mudah dipahami dan enak dibaca. Misalnya dengan menggunakan bahasa sehari-hari dan keterbacaannya juga enak.

“Ngecek keterbacaannya udah enak atau belum gimana?”

Layoutnya bikin pusing mata atau bikin ngantuk nggak, gitu. Jadi sebaiknya kalo kamu bikin artikel buat tulisan di setiap paragrafnya jangan terlalu rapet.

Baca juga: Awam Banget Tentang Cara Menulis? 9 Cara Ini Sangat Mudah Diikuti!

#3. Memiliki Empati

Nah lho, kalo kamu mudah empati sama orang atau nggak? Kalo nggak jangan beranjak dulu, skill ini bisa dilatih kok tenang aja. Kamu tetep bisa jadi content marketer.

Kamu perlu belajar untuk bener-bener memahami apa sih yang bikin audience termotivasi. Lalu kamu bisa tau apa yang sebetulnya diinginkan oleh audiencemu.

Sampaikan rasa empatimu dengan baik melalui konten supaya audiencemu tertarik bahkan sampai tergerak untuk melakukan transaksi.

Baca juga: Bagaimana Penulis Menghadapi Kritik? Inilah Cara Ampuh dan Anti Baper!

#4. Jago Melakukan Riset

Untuk membuat konten yang berkualitas kamu perlu melakukan riset. Misalnya kamu mau membuat artikel yang original pun sebaiknya kamu cari argumen-argumen yang mendukung.

“Tapi, kalo bikin artikel yang ternyata nggak ngerti sama sekali dengan topiknya gimana?”

Kamu bisa baca buku dulu atau kamu cari artikel-artikel dari sumber yang terpercaya untuk jadi bahan menulis kamu.

Terus kamu bisa menulis dengan cara curation atau rewrite. Dan jangan lupa untuk sertakan sumbernya ya di dalam artikelmu.

Baca juga: Tingkatkan Skill Copywriting Bagi Pemula, dengan 4 Kebiasaan Ini!

#5. Mengerti SEO

Kenapa content marketer mesti ngerti SEO? Supaya konten yang kamu buat bisa muncul di mesin pencarian alhasil jangkauan audiencemu bisa semakin luas.

Supaya konten yang kamu buat bisa muncul, kamu bisa cari tau dulu kata kunci yang relevan dengan konten yang akan dibuat.

Kamu bisa gunakan SEO Tools gratis yang bisa kamu akses melalui internet diantaranya ada Google Keyword Planner, Ubersuggest, WordStream dan masih ada lainnya.

Tapi jangan kamu pake semua kata kuncinya ya sebagai judul, karena nanti bakal dicurigai oleh Google. Pake secukupnya aja.

Baca juga: Buka-Bukaan! 6 Langkah Cara Menulis Artikel Berkualitas ala Impactful Writing!

#6. Memahami Penggunaan Media Sosial

Kamu salah satu pengguna media sosial yang aktif nggak? Kalo iya, kamu sendiri bisa liat di sana tiap waktu teman-temanmu bisa melakukan update informasi apapun.

Sehingga media sosial juga menjadi ladang kamu menjangkau banyak audience juga. Makanya untuk menjadi content marketer kamu perlu paham penggunaan media sosial.

Gimana cara efektif mendistribusikan konten, meningkatkan engagement, menambah follower, promosi secara organik dan berbayar. Kamu perlu kuasai itu semua.

Dan jangan lupa untuk selalu buat konten yang memang relevan dan juga menarik bagi audiencemu di media sosial ya.

Baca juga: Paradoks Penulis di Era Digital

#7. Mampu Membuat Strategi

Untuk membuat sebuah strategi kamu perlu melakukan analisis dulu. Coba analisis gimana sih pengunjung websitemu.

Apakah pengunjungnya banyak? Konten mana yang menarik banyak audience?

Kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk bantu kamu menganalisis kinerja websitemu. Dari hasilnya kamu bisa liat jumlah dan aktivitas dari pengunjung website.

Nah melalui hasil analisis itu kamu bisa menyusun strategi untuk membuat konten-konten seperti apa ke depannya supaya bisa menjangkau audience lebih banyak dan luas lagi.

Baca juga: Kenapa Penulis Sebagai Pembelajar Seumur Hidup?

Gimana nih skill-skill di atas menurut kamu yang mau jadi content marketer? Kalo kamu punya usaha sendiri juga bisa kamu pake kok skill-skill itu.

Oke. Mudah-mudahan pesan dari artikel ini bisa kamu pahami dan terima. Kalo ada tanggapan silahkan kamu tulis di kolom komentar ya!

Kesimpulan

Content marketing saat ini menjadi strategi yang cukup efektif untuk pemasaran sehingga dibutuhkan seorang content marketer dengan skill mumpuni.

Kalo kamu ingin menjadi content marketer maka kamu perlu menguasai skill-skill penting tersebut yang harus ada pada seorang content marketer.

Editor: Dwi Andika Pratama

Referensi:
https://copyblogger.com/what-is-a-content-marketer/
https://digitalmarketinginstitute.com/blog/become-content-marketer-7-skills-conquer
Sumber gambar: https://images.unsplash.com/photo-1532622785990-d2c36a76f5a6?ixid=MXwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHw%3D&ixlib=rb-1.2.1&auto=format&fit=crop&w=1050&q=80
Find me

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *