fbpx
9 Alasan Kenapa Email Bisnis Memberi Banyak Keuntungan

9 Alasan Kenapa Email Bisnis Memberi Banyak Keuntungan

Familiar nggak dengan istilah email bisnis?

Email bisnis adalah alamat email yang menggunakan nama domain suatu website.

Gini contohnya [email protected] gitu. Penggunaan email bisnis ini bisa ngasih banyak keuntungan lho untuk sebuah bisnis.

Eh tenang ya, keuntungannya bukan cuma untuk bisnis perusahaan besar aja tapi untuk perseorangan juga bisa. Misal untuk profesi blogger, web design, content writer, copywriter, dan yang lainnya juga.

Nah, ini nih alasan-alasannya kenapa email bisnis bisa memberi banyak keuntungan buat kamu.

 

#1. Hubungan dengan Pelanggan Terjaga

Melalui email bisnis kamu bisa membangun hubungan yang lebih baik dan dekat dengan pelanggan melalui newsletter.

Tapi email yang kamu buat juga harus mencuri hati pelanggan. Caranya buatlah email yang isinya seperti berbicara langsung secara personal kepada pelanggan.

Buat pelanggan merasa nyaman karena seperti diperhatikan olehmu. Jadi mereka akan tertarik terhadap penawaran-penawaran yang kamu berikan lewat email.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Menulis Copywriting yang Menjual!

 

#2. Email Bisnis Bisa Disampaikan Langsung Secara Personal

zaman sekarang kayanya hampir semua orang mengaktifkan email di handphonenya masing-masing ya. Termasuk kamu ‘kan?

Nah melalui newsletter yang dikirimkan ke pelanggan secara berkala, pelanggan bisa ngecek langsung lewat handphone.

Orang-orang kan saat ini hampir nggak bisa lepas dari handphonenya jadi ini cukup efektif buat menyampaikan pesan secara langsung dan personal lewat email.

Baca juga: Tingkatkan Skill Copywriting Bagi Pemula, dengan 4 Kebiasaan Ini!

 

#3. Mudah Membangun Kepercayaan

Penggunaan email bisnis membuat kamu jauh lebih dipercaya dibandingkan menggunakan email pribadi gratis seperti @gmaildotcom.

Misal kamu seorang blogger atau content writer yang udah punya website sendiri dan memberikan jasa kepada klien berupa content placement, penulisan artikel dan lainnya.

Ketika kamu menghubungi mereka menggunakan email bisnis tentu akan lebih dipercaya karena dinilai sudah profesional dengan memiliki email bisnis sendiri.

Baca juga: Lupakan Copywriting, Mulailah Menulis

 

#4. Pengunjung Website atau Blog Meningkat

Ketika kamu menggunakan email bisnismu untuk menghubungi klien atau pelanggan mereka bakal ngeliat nama domain yang tertulis di emailmu.

Itu bisa bikin mereka tertarik untuk cari tau dan berkunjung ke website atau blogmu sehingga jumlah pengunjungnya jadi meningkat.

Terus mereka juga bakal liat isi websitemu itu apa aja, liat artikelnya, profil kamu atau bisnismu, produk apa aja yang kamu jual dan yang lainnya.

Ini menguntungkanmu kan? Karena di sisi lain mereka jadi jauh lebih mengenal bisnis yang kamu jalani.

Baca juga: Apa Perbedaan Content Writer, Copywriter, SEO Writer, UX Writer, dan Content Marketer?

 

#5. Menghemat Waktu dan Energi

Newsletter yang kamu gunakan untuk menyebarkan informasi tentang produk dan promosi bikin hemat waktu dan juga energi.

Kenapa bisa gitu? Karena melalui newsletter kamu bisa langsung ngirim informasi ke banyak pelanggan sekaligus. Dalam waktu singkat informasi tersebar langsung ke banyak orang.

Baca juga: 8 Alasan Belajar Content Writing Sebagai Modal Cari Kerja

 

#6. Mampu Meningkatkan Penjualan

Mungkin orang-orang yang berlangganan newsletter dari kamu belum tertarik atau belum butuh produk yang kamu tawarkan. Sehingga mereka nggak langsung beli.

Tapi dengan newsletter yang kamu kirim secara berkala ditambah kamu beri penawaran menarik terus lewat email lama-kelamaan bisa membuat mereka tertarik untuk membeli.

Yang mau beli tapi kelupaan, jadi inget untuk membeli produk pernah kamu tawarkan lewat email.

Baca juga: Bagaimana Menjalani Profesi Content Writer yang Berpenghasilan Tinggi? Ini Dia 5 Tipsnya!

 

#7. Memudahkan Meminta Feedback dari Pelanggan

Setelah pelanggan membeli produk atau menggunakan jasamu kamu bisa meminta feedback secara langsung dari mereka melalui email bisnis.

Lewat email yang disampaikan secara personal kamu bisa menjangkau seluruh pelangganmu supaya memberi feedback.

Nantinya feedback yang mereka berikan bisa kamu gunakan untuk memperbaiki dan mengembangkan produk serta layananmu.

Baca juga: Bagaimana Penulis Menghadapi Kritik? Inilah Cara Ampuh dan Anti Baper!

 

#8. Menarik Pelanggan Supaya Mau Balik Lagi

Email atau newsletter yang kamu kirimkan secara berkala bisa menarik pelanggan yang pernah membeli produkmu untuk mau balik lagi untuk beli lagi.

Apalagi kalo kamu ngasih penawaran-penawaran yang menarik juga ke pelanggan loyal. Wah untung buat mereka dan jelas untung juga buat kamu.

Baca juga: Menjadi Koki Kata di Dapur Penulis (Sebuah Analogi)

 

#9. Media Menyampaikan Pesan

Melalui newsletter yang kamu kirimkan ke email pelanggan, cobalah berikan pesan melalui cerita atau informasi-informasi menarik yang ada hubungannya sama produkmu.

Tulis email dengan gaya bercerita yang santai tapi nggak bertele-tele. Supaya pelanggan nggak males untuk membacanya tapi tetep bisa langsung nangkep maksudnya.

Karena kalo isinya tentang promosi doang terus-terusan bisa jadi pelangganmu malah males buka email atau unsubscribe newsletter dari kamu lagi. Nggak mau kan?

Baca juga: Buka-Bukaan! 6 Langkah Cara Menulis Artikel Berkualitas ala Impactful Writing!

 

Sekarang, Gimana Cara Membuat Email Bisnisnya?

Cara bikin email bisnis gampang kok kamu tinggal kunjungi aja penyedia layanan email bisnis dan isi form pendaftarannya.

Kamu bisa mendapatkan layanan gratis hingga berbayar. Tinggal sesuaikan aja sama kebutuhan kamu. Lalu dimana bisa dapetin layanan email bisnisnya?

Google sendiri menyediakan layanan email bisnis kok. Selain itu juga ada Outlook.com, Zoho Mail, Yandex Mail, GMX Email dan masih ada lagi yang lainnya. Tinggal kamu pilih aja.

Baca juga: 4 Rahasia Menulis Super Lancar, Cepat Seperti Supercar!

 

Kesimpulan

Ternyata email bisnis memang memberikan banyak keuntungan ya untuk sebuah bisnis sehingga ini bikin bisnismu berkembang dan tentunya kamu jadi cepet dapet cuan.

Email bisnis nggak cuma untuk bisnis atau perusahaan besar aja kok. Untuk perseorangan seperti blogger, content writer, coywriter, dan profesi lainnya pun bisa.

 

Editor: Dwi Andika Pratama

______

Pertama di Indonesia! Kursus Content Writing yang memberikan kamu lebih dari sekadar Pelatihan Content Writing, juga email bisnis yang kamu butuhkan untuk berkarier atau berbisnis.

Daftar sekarang di Sertifikasi Content Writer!

 

Referensi:
https://wpforms.com/how-to-setup-a-free-business-email-address/#:~:text=A%20business%20email%20address%20is,best%20WordPress%20Form%20Builder%20plugin.
https://www.godaddy.com/garage/benefits-of-professional-email-for-business/
Sumber gambar: https://images.unsplash.com/photo-1558965509-228052befa6b?ixlib=rb-1.2.1&ixid=MXwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHw%3D&auto=format&fit=crop&w=1189&q=80
Find me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *