Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi? Hmm, Mungkin Ini 5 Alasannya!

Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi? Hmm, Mungkin Ini 5 Alasannya!

Surat pribadi itu apa sih?

Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, surat pribadi adalah surat yang ditulis seseorang atau individu kepada orang lain yang bersifat pribadi.

Oke, mungkin kamu sudah tahu ya definisi surat pribadi itu apa sejak masih di bangku sekolah.

Biasanya surat pribadi berisi mengenai kabar atau pesan-pesan yang ingin disampaikan penulisnya kepada orang yang dituju.

Saat ini surat pribadi mungkin sudah jarang digunakan karena sudah tergeser dengan keberadaan media sosial yang lebih mudah dan cepat untuk digunakan.

Sedangkan kalau menggunakan surat untuk menanyakan kabar keluarga atau sahabat yang jauh kita perlu menulis surat terlebih dahulu lalu mengirimkannya melalui kantor pos.

Dengan begitu jika kita perhitungkan waktu yang dibutuhkan lama ya supaya kabar atau pesan itu sampai kepada penerimanya?

Tapi apakah sekarang ini masih ada ya orang-orang yang menggunakan surat sebagai media komunikasi untuk menyampaikan urusan pribadi?

Jawabannya masih ada dan tentu ada alasan-alasan tersendiri mengapa mengirim surat pribadi masih dilakukan.

Ini 5 alasan yang mungkin melatarbelakanginya.

 

#1. Ingin Mengetahui Kabar Orang Lain

Jarak yang memisahkan seseorang misalnya seperti anak dengan orangtuanya menyebabkan interaksi antara kedua pihak tersebut jadi sangat minim.

Suatu saat muncul perasaan penasaran bagaimana kabar dari anak kepada orangtuanya atau juga sebaliknya.

Nah, surat pribadi bisa menjadi salah satu solusi untuk mengetahui kabar dari anak dan orangtuanya.

Mungkin kamu berpikir kenapa harus ribet-ribet nulis surat segala? Padahal jaman sekarang teknologi sudah canggih sekali.

Dengan sentuhan tangan dalam waktu hitungan detik bertukar kabar bisa dilakukan dengan sangat cepat dan mudah.

Tapi sayangnya sampai saat ini belum semuanya bisa merasakan kemudahan itu.

Ada daerah-daerah yang belum terjangkau oleh jaringan internet bahkan tidak terjangkau oleh sinyal untuk mendukung penggunaan ponsel.

Baca juga: Kenapa Jadi Penulis itu Pilihan, Mahir Menulis itu Keharusan?

 

#2. Menceritakan Bagaimana Keadaan Kepada Orang Lain

Surat menyurat itu hampir sama seperti kegiatan mengobrol namun dilakukan secara tidak langsung melalui tulisan.

Ketika seseorang ditanyai bagaimana kabarnya saat ini, orang tersebut mungkin akan menjawabnya dengan menjelaskan dan bercerita panjang bagaimana keadaannya melalui balasan surat pribadi.

Menceritakan keadaan dengan menulis secara langsung pada selembar kertas jika dibayangkan olehmu mungkin akan memakan waktu lama dan bikin pegal tangan ya?

Wajar saja karena ketika menceritakan hal pribadi apalagi kepada orang terdekat sambil ngobrol secara langsung saja satu jam itu tidak cukup. Terus kalau ditulis mau seberapa Panjang?

Kalau kamu salah satu generasi milenial mungkin kamu akan berpikir untuk langsung menelpon orang terdekat saja melalui fitur voice call atau video call ketika ingin bercerita.

Tapi jangan salah lho, surat menyurat memberikan sensasi berbeda ketika kamu menulisnya karena nantinya bisa menjadi kenang-kenangan karena ada bukti fisiknya.

 

#3. Menyampaikan Isi Hati atau Perasaan

Surat memang bisa menjadi media perantara untuk menyampaikan isi hati atau perasaan seseorang.

Wah untuk bagian ini apa kamu pernah mendapatkan surat berisi pernyataan perasaan atau bahkan kamu sendiri pernah menulisnya?

Ketika ingin menyampaikan isi hati atau perasaan mungkin akan timbul banyak pertimbangan jika mau disampaikan secara langsung misalnya timbul rasa takut atau malu.

Makanya surat ini bisa banget menjadi alat untuk menyampaikan isi hati seseorang contohnya ketika ingin menyampaikan perasaan jatuh cinta. Eaaa!

Selain itu juga bisa untuk menyampaikan rasa kesal, marah, bahagia dan unek-unek lainnya untuk disampaikan kepada oranglain jika kamu sungkan untuk membicarakannya langsung.

Meskipun teknologi saat ini jauh lebih praktis untuk digunakan dalam berkomunikasi tetapi ketika kamu menulis surat langsung di atas selembar kertas perasaan puas yang timbul akan berbeda.

Karena dengan menulis langsung ada energi-energi dari dalam dirimu yang kamu lepas dan tersalur dalam tekanan dan bentuk tulisan yang kamu buat.

Baca juga: Kenapa Penulis Sebagai Pembelajar Seumur Hidup?

 

#4. Mengundang Orang Lain untuk Menghadiri Acara

Seseorang menulis surat pribadi bisa untuk tujuan ingin mengundang oranglain supaya datang ke sebuah acara pribadi.

Hingga kini hal ini mungkin masih banyak dilakukan oleh orang-orang. Seperti misalnya mengundang untuk acara ulangtahun, undangan pernikahan dan yang lainnya.

Meski undangan jaman sekarang sudah mulai menggunakan media gambar dan video lalu di share melalui media sosial tapi menggunakan suratpun tidak ketinggalan jaman kok.

Dulu mungkin orang menulis surat dengan cara ditulis langsung oleh tangan pada selembar kertas putih biasa namun sekarang dengan bantuan teknologi kamu bisa membuat tampilan surat yang lebih menarik.

Dengan desain dan tampilan surat yang lebih manis dan menarik kamu bisa menggunakannya untuk mengundang saudara, teman ataupun para sahabat dengan bentuk surat yang unik.

Sehingga dengan begini penggunaan surat untuk mengundang orang lain tidak lagi menjadi hal kuno atau ketinggalan jaman kan?

 

#5. Menyampaikan Pesan Penting atau Keperluan

Surat pribadi yang kebanyakan orang tahu biasanya memang ditulis untuk menyampaikan hal-hal pribadi seperti menanyakan kabar, menceritakan keadaan, dan menumpahkan isi hati atau perasaan.

Tapi surat itu sendiri berguna untuk menyampaikan sebuah pesan penting atau sebuah keperluan tertentu.

Masih ingatkah kamu pelajaran Bahasa Indonesia ketika di sekolah mengajarkan bahwa surat pribadi berdasarkan isi dan sifatnya dibedakan menjadi dua macam.

Yang pertama isinya bersifat kekeluargaan yaitu yang biasanya benar-benar berisi hal pribadi seperti menanyakan kabar dan bertukar cerita.

Kemudian yang ke dua surat pribadi yang bersifat setengah resmi biasanya berhubungan dengan kedinasan. Contohnya surat lamaran kerja, surat izin sakit dan sebagainya.

Mungkin kamu sudah pernah beberapa kali membuatnya ya? Meskipun seperti surat lamaran kerja yang dibuat terkadang hanya dikirimkan melalui email tetapi itupun sudah masuk kategori kamu menulis surat pribadi.

Sampai di sini, kita jadi tahu ya bahwa surat pribadi bukan hanya sebagai alat komunikasi bertukar kabar atau cerita saja tapi juga untuk sesuatu yang bersifat setengah resmi.

Kegiatan surat menyurat saat ini bukan sudah tidak lagi dilakukan tapi medianya saja yang mulai berpindah.

Dulu lebih banyak menggunakan selembar kertas untuk berkirim surat namun kini kita bisa melakukan surat menyurat untuk urusan yang pribadi maupun setengah pribadi melalui email.

Baca juga: Bagaimana Penulis Menciptakan Penghasilan Sepanjang Tahun? Kenali 5 Sumbernya!

 

Kesimpulan

Meskipun saat ini kamu tidak pernah menulis surat pribadi yang benar-benar berisi hal-hal pribadi tapi sebetulnya hal tersebut masih bisa dilakukan untuk sekarang.

Memang aktivitas bertukar kabar, menceritakan keadaan, dan juga menyampaikan isi perasaan bisa disampaikan dengan mudah melalui media sosial.

Tetapi surat pribadi masih bisa kamu gunakan sebagai media untuk mengundang orang lain untuk datang ke acaramu.

Selain itu kamu juga bisa membuat surat pribadi setengah resmi seperti lamaran kerja.

 

 

Sumber gambar: https://images.pexels.com/photos/48195/document-agreement-documents-sign-48195.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940
Find me

2 Comments

  1. Kalo saya pribadi, saya msh nulis surat dgn alasan poin 3 dan 5, wkwk… Perasan dan urgensi itu lebih terasa, dibandingkan chat/ sms. Karena menurut saya, lekukan huruf, tebal/tipis tinta pena bisa menggambarkan perasaan kita, wkwk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *